Duta budaya Meksiko, Amalia Hernandez jadi google doodle

Duta budaya Meksiko, Amalia Hernandez jadi google doodle. Kalau temen-temen lihat hari ini tampilan di halaman depan mesin pencari Google terlihat gambar-gambar kartun. Gambar-gambar itu adalah Google Doodle Amalia Hernandez.

Google didaulat sebagai Doodle hari ini untuk merayakan ulang tahunnya yang ke 100. Berkat kiprahnya di dunia tari tradisional, Amalia dikenang sebagai penari yang warisannya tetap eksis melalui Ballet Folklorico.

 

Amalia Hernandez adalah seorang koreografer kelahiran tahun 1917. Ia mendirikan kelompok Ballet Folklorico de Mexico. Kelompok ballet yang didirikan Amalia untuk berbagi budaya Meksiko kepada dunia. Amalia juga mendalami tarian modern. Ia menggabungkan tarian itu dengan gerakan koreografi yang tidak formal sehingga membantu menciptakan gaya tarian baru, yang dikenal sebagai baile folklorico.

Dimulai dengan delapan penari, pada tahun 1952 Amalia Hernandez mendirikan Ballet Folklorico de Mexico. Kelompok ini kemudian berkembang hingga memiliki lebih dari 300 penari. Pada tahun tahun 1954 Amalia dan Ballet Follorico de Mexico tampil pertama kali di televisi. Sesudah itu mereka tampil rutin dalam siaran televisi mingguan.

Publikasi rutin di televisi membuat kelompok tari Amalia semakin dikenal dan mereka pun melakukan tour ke Amerika Utara. Kelompok Ballet Folklorico de Mexico masih eksis di dunia tari hingga saat ini. Amalia masih terus terlibat di kelompok tari yang telah tampil di depan lebih dari 22 juta orang ini hingga ia meninggal tahun 2000.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *