Asima Chatterjee ahli kimia India yang jadi Google Doodle hari ini

Asima Chatterjee ahli kimia India yang jadi Google Doodle hari ini.

 

 

Asima Chatterjee lahir di Bengal pada tanggal 23 September 1917. Iabesar di Calcutta, salah satu kota terbesar di India.

Pada saat itu sangat jarang ada perempuan yang belajar kimia. Asima salah satunya yang belajar kimia dan berhasil lulus dengan hasil memuaskan pada tahun 1936.

Tak cukup merengkuh gelar sarjana, Asima terus melanjutkan pendidikannya hingga ke jenjang master, dengan mengambil konsentrasi pada kimia organik. Asima Chatterjee pun kemudian menjadi perempuan India pertama yang menjadi Doktor untuk bidang ilmu sains pada tahun 1944.

 

 

Penelitian Asima banyak memusatkan perhatian pada obat-obatan berasal dari tumbuh-tumbuhan di India. Kemudian hasilnya dibagikan untuk mengatasi penyakit epilepsi dan malaria.

Hasil penelitiannya yang paling dikenal adalah vinca alkaloids, yang sekarang digunakan untuk kemoterapi. vinca alkaloids disebut membantu memperlambat gerakan sel kanker.

Sebuah prestasi yang membuat Dr. Asima hatterjee diganjar berbagai penghargaan bergengsi. Asima pada tahun 1975 menjadi perempuan pertama yang ditunjuk sebagai general president kongres sains India.

Asima menikah dengan Dr. Baradananda Chatterjee. Mereka memiliki satu anak bernama Julie. Asima meninggal tahun 2006 pada usia 90 tahun. Hari ini memperingati 100 tahun kelahiran Asima, Google menjadikannya sebagai Google Doodle.

 

Sumber:

Who was Asima Chatterjee? Google Doodle celebrates the 100th birthday of Indian chemist

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *