Ini kata BPOM soal Isu Mie Instan Sebagai Penyebab Kanker yang viral

Ini kata BPOM soal Isu Mie Instan Sebagai Penyebab Kanker yang viral. Siapa yang tidak suka mie instan. Kalau dibuat survei sepertinya mayoritas responden pernah atau rutin mengonsumsi mie instan. Belakangan publik khususnya penggemar mie instan dikagetkan dengan isu mie instan yang disebut memicu penyebab kanker.

Pelaksana Tugas Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Tetty H. Sihombing membantah isu tersebut. Dikutip dari tempo.co Tetty mengatakan bahwa BPOM tidak menemukan kandungan yang menyebabkan kanker di mie instan yang dijual di Indonesia.

Sebelumnya beredar informasi penelitian oleh Korea Food and Administration yang menemukan zat penyebab kanker, benzopirene dalam mie instan. Zat ini ditemukan dalam merek mie instan yang dibuat oleh Nong Shim Company.

Dalam produk mie instan biasanya terdapat MSG yang merupakan penguat rasa. Penguat rasa ini mempunyai Acceptable Daily Intake (ADI) not specified. Ini artinya bila dikonsumsi setiap hari dalam jumlah wajar, MSG tidak menimbulkan bahaya bagi kesehatan. Sementara methyl p-hydroxbenzoate atau metil paraben pengawet yang diizinkan dalam produk pangan dengan jumlah tertentu.

Tetty menambahkan bahwa ada beberapa data yang menunjukkan bahwa beberapa orang tertentu sensitif terhadap MSG. Namun hingga saat ini belum ada bukti ilmuah yang kuat bahwa MSG dan metil paraben dapat merusak usus, liver atau sakit maag.

Metil paraben menurut Tetty juga digunakan untuk mengawetkan kecap yang merupakan bumbu pelengkap dari mie instan varian tertentu. Ada beberapa negara lain juga yang menggunakan metil paraben itu seperti Taiwan, yang tidak mengatur penggunaannya pada mie instan.

Tetty mengharapkan masyarakat tidak perlu resah dan ragu terhadap keamanan mie instan di Indonesia. Namun Tetty mengingatkan agar tetap bijak dalam mengonsumsi mie instan. Jangan berlebih.

Bagaimanapun juga makanan yang kita olah sendiri dari mentah lebih terjamin kebersihannya dan kandungan gizinya daripada makanan luar, apalagi mie instan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *