Jakarta menuju “surga” bagi pejalan kaki

Jakarta menuju “surga” bagi pejalan kaki. Judul artikel ini mungkin sebuah harapan bagi para penyuka jalan kaki khususnya di Jakarta. Jakarta dikenal sebagai kota yang macet, penuh polusi, dan tidak ramah bagi pejalan kaki. Trotoarnya yang sempit semakin sempit dengan aksi pengendara motor yang seenaknya naik ke trotoar demi menembus kemacetan jalan.

Berbagai protes bahkan pejalan kaki sampai merekam video pengendara jalan yang melewati trotoar belum sampai membuat mereka jera. Perlahan, pemprov DKI Jakarta mulai menata jalan di Jakarta lebih ramah terhadap pejalan kaki. Momen Asian Games 2018 yang berlangsung di Jakarta dan Palembang menjadi salah satu pendorong Pemprov DKI untuk mewujudkannya.

Saat ini sudah terlihat di sepanjang jalan Thamrin dan Sudirman, jatah jalan bagi pejalan kaki sudah sangat lebar dan sangat nyaman untuk berjalan kaki.

 

 

Meski fokus utama adalah jalan Thamrin dan Sudirman, tapi Pemprov DKI juga sudah menggarap trotoar yang berada di sekitarnya seperti di kawasan Senayan.

Ini trotoar yang berada depan hotel Mulia yang berseberangan dengan pintu masuk Gelora Bung Karno.

 

Trotoar di belakang gedung DPR masih ramping, meski demikian cukup nyaman bagi pejalan kaki melintas. Bagi Anda pengguna transportasi publik komuter yang turun di stasin Palmerah dan ingin ke Senayan bisa melewati jalan ini.

Hal lain yang dikerjakan Pemprov DKI Jakarta untuk mengembalikan hak pejalan kaki di Jakarta adalah membuat pedestrians light control atau yang lebih dikenal dengan nama pelican cross. Ide yang sempat ditentang tapi akhirnya disambut para pejalan kaki.

Saat ini Pemprov DKI terus mengupayakan koneksi transportasi massal yang padu. Meski belum sempurna setidaknya usaha ini sudah menunjukkan hasil. Jika ini terus berlanjut diharapkan semakin banyak warga yang memilih menggunakan transportasi publik dan mengurangi penggunaan pribadi.

Tentunya hal ini pasti berdampak pada berkurangnya kemacetan jalan, berkurangnya polusi udara dan para pejalan kaki pun semakin menikmati berjalan kaki di ibukota yang lebih sehat ini. Jakarta menuju “surga” bagi pejalan kaki menjadi harapan kita semua. Semoga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *